Taiwan Expo 2019 Diharapkan Dongkrak Ekonomi Indonesia-Taiwan




Perhelatan Taiwan Expo 2019 yang digeler pemerintah Taiwan di Grand City di Surabaya resmi dibuka hari ini (Kamis, 26/9/2019) diharapkan akan menjadi moment penting kedua negara yakni – Indonesia – Taiwan menjalin kerjasana berbagai sektor perdagangan
SURABAYA : Perhelatan Taiwan Expo 2019 yang digeler pemerintah Taiwan di Grand City di Surabaya resmi dibuka hari ini (Kamis, 26/9/2019) diharapkan akan menjadi moment penting kedua negara yakni – Indonesia – Taiwan menjalin kerjasana berbagai sektor perdagangan

Deputy Executive Director of Taiwan External Trade Development Council, Karen Pai mengatakan, pihaknya sengaja mengundang 180 exhibitor dari negaranya dan menampilkan 190 booth. Event ini kata dia, akan menghadirkan enam industri utama termasuk di dalamnya yaitu teknologi pintar, pendidikan, budaya, pariwisata hingga perawatan kesehatan dan makanan halal.

"Dalam Taiwan Expo 2019 ini kami  juga menampilkan produk antariksa nasional Taiwan dan asosiasi pengembangan industri antariksa Taiwan. Ini merupakan pertama dilakukan oleh negara kami dan ditampilakan dalam pemeran ini,” tegas Karen Pai usai pembukaan Taiwan Expo 2019 di Surabaya.

Tak hanya itu saja, Keren Pai juga menyebutkan, pihaknya juga menapilkan berbagai destinasi wisata di Taiwan yang ramah terhadap wisatawan muslim.

"Diharapkan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Taiwan semakin banyak dan berkembang. Itu harapan kami," ungkapnya.

Sementara Ketua Umum Kadin Kota Surabaya, Ali Affandi secara tegas mengatakan, Kadin Kota Surabaya menyambut baik perhelatan Taiwan Expo 2019  dimana Kota Surabaya dipercaya sebagai lokasi acara tersebut. Andi panggilan akrabnya menyebutkan, perhelatan Taiwan Expo 2019 ini akan menjadi kerjasama yang baik perdagangan anta ke dua negara.

“Kami menyambut baik dengan acara ini. Kami berharap dengan adannya Taiwan Expo 2019  kerjasama perdagangan pemerintah Taiwan dan Surabaya ini bisa menjadi peluang baru dua negara untuk memperluas jaringan bisnisnya. Kami yakin dengan kerja sama ini minat para investor dua negara untuk berinvestasi akan terjalin baik. Saat ini kota Surabaya miliki peluang besar bagi investor asing  untuk berinvstasi sekaligus memperluas bisnis nya disini,” ungkap Andi.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jawa Timur (Jatim) Aries Mukiyono mengungkapakan, event seperti ini harus sesering mungkin dilakukan guna mempererat hubungan Taiwan dan Indonesia, khususnya Jatim.

"Jatim memiliki potensi yang sangat besar. Jumlah penduduknya saja 40 juga. Ingat, Jatim juga pintu masuk pasar Indonesia timur yang total penduduknya mencapai 150 juta," katanya.

Dia berharap, dengan adanya Taiwan Expo ini, arus investasi dari Taiwan bisa terus meningkat ke Jatim. Dengan begitu, ekonomi yang ada di Taiwan maupun di Jatim akan bersama-sama tumbuh. Sehingga kesejahteraan masing-masing masyarakatnya bisa meningkat.

"Kami siap beri karpet merah pada investor Taiwan untuk berinvestasi di Jatim. Kami akan permudah perizinan sepanjang persyaratan terpenuhi nantinya,” kata Aries.

Tag: Taiwan, pameran mesin, Taiwan Expo 2019, Kota Surabaya
Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Vicky Fadil
Foto: Mochamad Ali Topan
Sumber : www.wartaekonomi.co.id

Comments